DISTILASI BATCH DAN KONTINYU

 A.  PENGERTIAN DISTILASI

Distilasi adalah proses pemisahan campuran yang terdiri dari dua atau lebih komponen berdasarkan perbedaan titik didih (tingkat volatilitas) dari komponen-komponen dalam suatu campuran pada kemurnian yang diinginkan melalui pengaplikasian dan pembuangan panas. 

B. JENIS DISTILASI BERDASARKAN KONTINYUITAS PROSESNYA

1. Distilasi Batch

Operasi pemisahan dimana campuran dimasukkan ke dalam kolom distilasi,  menguapkan sebagian campuran,  dan mengeluarkan bagian atau komponen yang tertinggal.  Komposisi dan temperatur liquid pada distilasi batch akan terus berubah.  Untuk efisiensi pemisahannya rendah dan unsteady state distillation. 



Mekanisme Kerja : 

Misal cairan yang akan dipisahkan terdiri dari 50% heksana 50% pentana.  Ketika panas diberikan pada campuran,  sebagian dari campuran akan menguap.  Uap akan meninggalkan cairan dan akan masuk ke kondenser untuk dirubah fasenya menjadi cair. Untuk mencapai tujuan pemisahan,  maka hanya sebagian dari campuran tersebut yang diuapkan,  sedangkan sisa cairan yang tidak menguap akan dikeluarkan (drain off)  dari tangki. 

2. Distilasi Kontiyu 

Operasi pemisahan dimana campuran (liquid) diumpankan secara terus menerus ke dalam kolom distilasi dan produk diambil secara terus menerus pula.  Komposisi dan temperatur liquid pada distilasi kontinyu adalah tetap, untuk efisiensi pemisahannya lebih besar dan stady state distillation. 



Mekanisme Kerja :

Umpan (50% heksana dan 50% pentana)  diumpankan ke dalam distillation column.  Campuran cairan akan diberikan panas.  Karena pemberianpanas tersebut, komponen yang mempunyai titik didih lebih rendah dan volatilitas yang tinggi maka akan berubah fasa menjadi uap,  kemudian uap tersebut akan masuk ke dalam kondenser untuk dirubah fasenya dari fase uap menjadi cair (top product),  Sedangkan komponen yang tidak menguap akan keluar dari distilati dari bagian bawah kolom (bottom product).  Dapat kita lihat bahwa untuk produk atas kaya akan pentana sedangkan produk bawah kaya akan heksana. 


Terimakasih semuanya 😊

Simak terus blog ini ya untuk pembahasan mengenai peralatan industri kimia. 

Mohon maaf apabila ada kesalahan... 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tray Column (Kolom Pelat)

NERACA MASSA DISTILASI DENGAN 3 PRODUK