Chemical Storage Tank

 Halo semuanya,  selamat datang di blog Muhamad Arkanurrohman. 


Kali ini aku akan membahas mengenai storage tank 


ada beberapa jenis yaitu :

1. Fixed Roof Tank

Pada fixed roof tank ini, jadi pada tangki penyimpanannya bagian atapnya di desain tetap / tidak bergerak. Biasanya akan ada ruang uap di dalam tangki tersebut. Ada 2 jenis tangki atap tetap yaitu:

a. Fixed cone roof tank

adalah jenis tangki dimana bagian atapnya berbentuk seperti kerucut. Tangki ini digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang tidak mudah menguap atau memiliki nilai volatilitas yang rendah. Kekurangan pada tangki ini adalah adanya vapour space, jadi apabila bahan yang disimpan mudah terbakar dan ada sumber penyulutan maka hal itu dapat sangat berbahaya. 

b. Fixed dome roof tank

Pada tangki ini bagian atapnya di desain menyerupai setengah bola.  Tangki ini biasa digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang memiliki volatilitas rendah.  Namun sama halnya dengan cone roof tank,  pada tangki ini terdapat vapour space yang apabila bahan tersebut mudah terbakar dan ada sumber penyulutan maka akan sangat berbahaya.  Pada tangki fixed roof tank biasa dilengkapi dengan beberapa kelengkapan pengamanan seperti psv,  level indicator,  temperatur indicator,  pressure indicator,  dan juga sistem pemadaman kebakaran (fire water system) 

2. Open top tank 

A. Rectangular tank 

Biasa digunakan untuk menyimpan bahan yang tidak mudah menguap ataupun berbahaya.  Banyak digunakan untuk menyimpan minyak nabati di industri oleochemical.  Pada rectangular tank tangki di desain berbentuk persegi. 

B. Cylindrical Tank

Adalah tangki yang memiliki bentuk silinder tanpa dilengkapi dengan penutup dibagian atasnya.  Biasa digunakan untuk menyimpan air. 

3. Floating roof tank 

Floating roof tank biasa digunakan untuk menyimpan bahan bahan kimia yang mudah menguap. Ada 2 jenis floating roof tank yaitu :

a. Internal floating roof tank,  adalah jenis tangki dimana terdapat floating roof dibagian dalam dan dilengkapi pula dengan fixed roof.  Tangki ini digunakan untuk menyimpan bahan bahan kimia yang mudah menguap dan berbahaya apabila menyebar ke lingkungan oleh karena itu dilengkapi lagi dengan fixed roof tank. 

b. External floating roof tank

Adalah jenis tangki yang dilengkapi dengan atap yang dapat bergerak naik maupun turun sesuai dengan level cairan yang disimpan didalamnya. Pada tangki ini tidak ada vapour space dan biasa digunakan untuk menyimpan bahan bahan kimia yang sangat mudah menguap. 

4. Spherical Tank

Adalah tangki yang beroperasi pada tekanan tinggi. Biasa digunakan untuk menyimpan bahan kimia dalam fase cair supaya tidak berubah menjadi fase gas.  Contoh bahan kimia yang disimpan pada tangki jenis ini adalah LPG,  LNG,  dan Butene. Pada tangki ini dilenglapi dengan psv untuk mengatur tekanan yang ada didalam tangki supaya tidak berlebih dan menyebabkan tangki meledak. 


Terimakasih atas perhatiannya

Tunggu pembahasa selanjutnya ya...  Untuk request pembahasan bisa di kolom komentar 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tray Column (Kolom Pelat)

DISTILASI BATCH DAN KONTINYU

NERACA MASSA DISTILASI DENGAN 3 PRODUK